About my Blog

This is a blog made for coffee lovers, who believe that coffee is more than a beverage.

Tuesday, February 22, 2011

Barista?

Barista adalah kata yang berasal dari bahasa Italia untuk "bartender" dan biasanya merujuk kepada orang yang menyajikan minuman kopi berbasis espresso di cafe. Proses ini biasanya melibatkan mesin kopi yang terbagi menjadi manual, semi otomatis, otomatis, dan super otomatis.

Adi W. Taroepratjeka, seorang ahli kopi menulis dalam blognya soal ini:
"Asal kata barista berasal dari bahasa italia yang berarti peramu minuman/ bartender (BYKS). Mau itu kopi,alkohol, hingga teh manis, kalau kerjaannya membuat minuman, ya dia adalah seorang barista. Pengkerucutan definisi barista sebagai tukang bikin minuman kopi dan khusus kopi bermula ketika amerika kerajingan budaya ngopi Italia dengan segala tetek bengeknya. Barista diartikan seorang pembuat minuman kopi, dan itu berlanjut hingga saat ini."

Seorang Barista diharapkan punya pengetahuan lengkap tentang kopi, mulai dari proses budidaya & penanamannya, penyimpanan, pengeringan, pemanggangan & penggilingan biji kopi, pengemasan, waktu ekstraksi, suhu & kualitas air, micro milk frothing, pengoperasian & perawatan mesin kopi, latte art, hingga bagaimana menangani sisa kopi (disposal & recycling). Tidak lupa, seorang barista harus bisa menganalisis rasa kopi dengan teliti. Barista merupakan profesi terhormat di Italia, dan para barista bahkan punya kompetisi tersendiri untuk memamerkan keahliannya. Sebagai penutup, kami kutipkan sekali lagi tulisan dari Adi W. Taroepratjeka untuk menunjukkan betapa seriusnya pekerjaan ini.

"Nah... kembali ke kegundahan saya. Ketika seorang pembuat kopi dilabel barista, artinya Mak Inah dari kantin sebelah boleh dong menyebut dirinya sebagai barista, terlebih lagi ketika beliau sedang menyeduh kopi sachetan dengan air panas dari thermosnya. Hehehe ternyata dunia bilang gak boleh, karena ada sebuah kesepakatan yang mensyaratkan untuk menjadi seorang barista dibutuhkan kemampuan menyeduh kopi budaya Italia bernama espresso dan turunannya. Nah disinilah dunia menjadi sedikit lucu buat saya.

Andai seseorang bisa membuat espresso dengan memencet sebuah tombol saja pada mesin super-automatic, apakah dia seorang barista?
Andai seseorang dengan mahirnya membuat latte, latte art, dan minuman gaya lainnya, tetapi espressonya ancur-ancuran, apakah dia seorang barista?
apakah dengan menggunakan celemek hijau, bekerja di belakang mesin espresso yang mahalnya naujubilah min jalik, dalam sebuah kedai kopi terbanyak di dunia, dia adalah seorang barista? (beberapa anggota milis kopi diluar negeri menolak menyebut mereka barista karena perbedaan standar operasional mereka dengan organisasi lainnya, dan melabel mereka sebagai PBtM - People Behind the Machine)."


Sumber: Peminum Kopi, Wikipedia

0 comments:

Post a Comment